Tuesday, March 6, 2012

Diary Kasih Karunia Chapter 2: Belas Kasihan

Hari ini aku belajar satu hal tentang namanya belas kasihan.. dari hal yang tak terduga-duga sebelumnya..

Hari ini, aku ke kampus sekitar jam 11.30. Karena aku lagi malas naik motor dan cuaca mendung, aku memutuskan untuk naik taxi (yang kebetulan pangkalan taxinya tak jauh dari kostku). Untuk ke kampus, hanya butuh sekitar 1-2 km.. dan habis hanya 12rb..

Terjadi sesuatu yang sangat tidak mengenakkan. -_- Begini pembicaraan singkatku dengan bapak taxi=

(taxi udah dekat sama kampus)
Aku = "pak pak.. sini aja turunnya" (agak panik, takut kebablasan)
Sopir = "iya-iya mbak! saya kan cuma minggirin ke samping biar ngga kena mobil dari belakang" (nada kasar dan membentak)
Aku = (mengernyitkan dahi) "iya pak tapi jangan galak-galak gitu dong" (ga terima)
Sopir = "iya soale sampeyan sih.. aku lho wes ngerti sampeyan turun e di sini.. sampeyan lho cuma mbayar e piro.. gitu ae kok" (arti: iya soalnya kamu sih.. aku lho sudah tahu kalo kamu turun di sini.. kamu lho cuma bayar berapa..)
Aku = .... (terdiam beberapa saat)

maksudnya di sini, bapak taxi itu secara implisit bilang aku jangan ngomel / cerewet.. karena aku cuma bayar 12rb! (uang kecil ._.)

Aku termasuk orang yang sensitif dengan kualitas pelayanan suatu jasa. Tadinya aku mau komplain, karena sebagai sopir seharusnya dia bisa respek dengan pelanggan. Tapi karena sopir taxinya nampak seram (NB: berkumis tebal), dan aku lagi malas berdebat, aku langsung turun dari taxi.. dengan membanting pintu keras-keras terus lari masuk ke kampus -_-

Si bapak taxi berkumis tebal (aku ingat namanya Margono) teriak-teriak "heh!! awas yo nek sampe kaca taxi ne pecah! #$&$&#*&!!!"   [artinya: awas ya kalo sampai kaca taxinya pecah]
Aku dimaki-maki -_- Untung saja tepat di depanku ada satpam kampus, jadi si sopir taxi ga berani macem-macem sama aku. Aku buru-buru masuk ke kampus dengan kesal. -_-

Aku ini bukannya lost control, tapi aku kecewa dengan pelayanan Taxi S. Sebagai penyedia jasa, seharusnya sopir tersebut bisa respek terhadap pelanggan. Jangan karena aku cuma memakai jasanya untuk jarak dekat, dia bisa ngga sopan gitu padaku!! >:(
Tadinya aku mau marah-marah ke Customer Service nya tuh.. Soalnya sopir taxi S emang biasanya kurang sopan, tapi baru kali ini parah banget gak sopannya.. berani-beraninya bentak! -_- kurang ajar banget kan.

Keinginanku untuk telp customer service aku tunda sampai jam 5 sore, karena aku kerja revisi skripsi dulu di kampus sampai sore..
Selama jeda waktu itu aku berpikir sangat keras.. apa mending aku telpon ke customer service atau tidak..

Tapi sekitar jam 4.. emosiku sudah mereda.. dan aku mulai berpikir untuk tidak jadi melaporkannya ke CS..
Hingga malam ini, aku juga masih belum melaporkannya ke CS Taxi S..
Aku jadi iba pada sopir taxi itu dan timbul belas kasihan.. Konsekuensinya kalau aku melaporkan ke CS adalah hukuman skors hingga hukuman kehilangan pekerjaan..
Padahal.. bisa jadi bapak sopir itu cuma punya pekerjaan ini.. dan kemungkinan juga punya keluarga yang harus ia nafkahi :(

Yah, waktu sore itu aku ingin telpon ke CS Taxi S.. seolah-olah roh kudus bilang sama aku kalo lebih baik jangan.. lebih baik aku berdoa saja untuk bapak itu..
mungkin saja bapak itu lagi ada masalah, sehingga sikapnya buruk.. dan mungkin saja bapak itu belum kenal Tuhan..

Puji Tuhan, hari ini aku belajar mengampuni dan aku bersyukur masih memiliki belas kasihan terhadap orang lain... Semoga bapak itu bisa berubah.. :)
Dan semoga bapak itu sekeluarga bisa menerima keselamatan.. :)

2 comments:

  1. Wihhh, susah banget sist memang untuk mengampuni seseorang, apalagi udah dibuat malu dan kesel kayak gitu, baawaanya Es MOSI tingkat dewa.

    Meredam amarah juga susah, tapi untung Amarah sist udah redah yah sebelum matahari terbenam (firman Tuhan).

    memang diajari ttg kesabarn hari itu yah,

    GBU degh

    kali-kali mampir yah sist kesini

    buleipotan.blogspot.com
    #aku follow

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya setujuuu *__* meledak2 rasanya.. tp emang bener tu, hati-hati gunakan lidah kita apalagi kalo sedang marah. Bisa-bisa ngga jadi berkat.
      Iya thanks God :) gonna visit your blog ^^
      Gbu dear!

      Delete